Program Supervisi Praktek Pembelajaran Kelas Tahun Ajaran 2016-2017
Untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas tenaga kependidikan, SMP Kosgoro Kota Bogor mengadakan program SUPERVISI PRAKTIK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN kelas yang di laksanakan secara bertahap dari tanggal 30 Agustus 2016 sampai dengan 14 September 2016.
Adapun hal hal yang disupervisi antara lain :
Aspek yang Diamati | ||
Kegiatan Pendahuluan | ||
Apersepsi dan Motivasi | ||
1 | Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan | |
2 | Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari | |
3 | Menyampaikan manfaat materi pembelajaranyang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari | |
4 | Menyampaikan garis besar cakupan materi | |
Penyampaian kompetensi, rencana kegiatan dan penilaian | ||
1 | Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai | |
2 | Menyampaikan garis besar kegiatan yang akan dilakukan | |
3. | Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan | |
Kegiatan Inti | ||
Penguasaan materi pembelajaran | ||
1 | Kemampuan menyesuaikan materi dengan kompetensi dasar | |
2 | Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek, dan kehidupan nyata. | |
3 | Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. | |
Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik | ||
1 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai | |
2 | Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) | |
3 | Menguasai kelas | |
4 | Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan | |
5 | Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat | |
6 | Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar | |
7 | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual | |
8 | Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect) | |
9 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan | |
Penerapan Pendekatan Saintifik | ||
1 | Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengamati | |
2 | Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana | |
3 | Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi | |
4 | Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan | |
5 | Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya | |
Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran | ||
1 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media belajar | |
2 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber pembelajaran | |
3 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media belajar | |
4 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber pembelajaran | |
5 | Menghasilkan pesan yang menarik | |
Pelaksanaan penilaian pembelajaran | ||
1 | Melaksanakan Penilaian Sikap | |
2 | Melaksanakan Penilaian Pengetahuan | |
3 | Melaksanakan Penilaian Keterampilan | |
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran | ||
1 | Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar | |
2 | Merespon positif partisipasipesertadidik | |
3 | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik | |
4 | Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar | |
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran | ||
1 | Menggunakanbahasalisansecarajelas dan lancar | |
2 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar | |
Kegiatan Penutup | ||
Penutup pembelajaran | ||
1 | Menfasilitasi dan membimbing peserta didik merangkum materi pelajaran | |
2 | Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran | |
3 | Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran | |
4 | Melakukan penilaian | |
5 | Merencanakan kegiatan tindak lanjut | |
6 | Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
Semoga dengan di adakannya SUPERVISI PRAKTIK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN dapat meningkatkan dan menjaga kualitas SMP Kosgoro Kota Bogor.